Ok, I've had enough.
ESIA bener-bener MENYEBALKAN.
Duh, masya Allah, keheulnya sampe ke ubun-ubun.. bikin nambah dosa.. sing sabar.. sing sabar...
Sejak hari senin mg kemarin (22 Oktober 2007) Ami ga bisa pake Esia. Coba untuk non aktif GOGO, tapi ga pernah sukses. Besok paginya dicoba lagi, denger suara mba nya yang bilang "nomor gogo anda akan di non akifkan sebentar lagi.. bla bla..". Ditunggu sejam, dua jam.. ga da report dari 6060, akhirnya telepon CS (duh, hidup lah diriku.. CS ESIA gitu LHOOO.. plis d. 5 menit sendiri wat ngantri). Katanya GOGO nya dah non aktif, jadi diminta untuk coba matiin telepon, Ok lah. Telepon mati, bukan cuma 15 menit, tapi sejam lebih. So, what I've got? nothing improvement...
Besoknya call CS lagi (penyiksaan kedua, menunggu ntah brapa lama...). Udah jelasin panjang lebar.. hape dah dimatiin, ditunggu-tunggu ga ngaruh juga. Ok, tolong tunggu 3 hari, sampe diminta no telepon alternatif. Sempet nanya, kalo ESIAnya blom bener juga gimana mba? katanya bakal di telepon ke no alternatif. Ok.. I'll wait.
Akhirnya, pusing lah telepon and konfirm sana-sini ngasi tau kalo no esia ga bisa dipake. Ngabis-ngabisin pulsa wat sms and nelepon. Oya, abis waktu juga.
hari ke-3 setelah telepon terakhir, ga ada tanda-tanda telepon bisa dipake. SMS ga bisa, nelepon and di telepon pun ga bisa. OMG!! sing sabar.. mungkin mereka akan call besok. Ya, kita lihatlah niat baiknya ESIA.
Hari ke-4.. nothing came.. sms, telepon atau pemberitahuan apapun dari ESIA. Mana JANJIMU...
Hari ke-5. Ok, jalani penyiksaan ketiga. CS nan lembut menyapa diseberang sana.
"Tunggu 30 detik ya Bu, kami cek statusnya..".
30 detik? No way, it almost 2 minutes. Akhirnya, penjelasan pun keluar panjang lebar. Intinya c blom beres, sudah dalam progress, masalahnya ga tau dimana. diminta tunggu 1 x 24 jam. Haaahh? Give me a break lah...Sama sekali ga ada minta maaf? Plis d! AKhirnya, g kuku juga... Sory deh mba CS.. Anda yang kena.
Bla bla.. mulut berbusa-busa, berusaha menahan kejengkelan lainnya.
"ESIA menyuruh untuk menunggu 3 hari. Saya tunggu terus mana janjinya? G ada konfirmasi sama sekali. Ini saja sampai saya yang telepon nanyain setelah hari ke-5. Saya tunggu niat baik ESIA, tapi ko kayanya g ada ya?? Skarang saya disuruh nunggu 1x24 jam lagi. Jaminan apa yang akan Anda berikan? Gimana kalo ternyata 1x24 jam belum selesai? dan saya juga tidak dihubungi lagi? Ganti rugi apa yang akan ESIA berikan atas semua masalah ini?" ya.. kira-kira intinya itu yang Ami ocehin.
You know what.. CS nan baik hati itu minta maaf atas ketidaknyamanan dan bilang "Silakan Ibu hubungi kami lagi". O-H M-Y G-O-D... zape d..
"Gini ya mba, buat saya sih ga masalah nunggu 3 atau 5 hari. Tapi mbok ya kalo ngomong itu ditepatin. Kalo emang 3 hari ga cukup untuk Anda beresin masalah, ya tolong kasih tau saya. Konfirmasi kalo masalah belum selesai. Ini aja sampe saya yang nelepon. Apa sih susahnya buat Anda untuk nelepon or ngasih tau saya kalo masalahnya blom selesai?" Bla.. bla..."Saran ibu akan kami sampaikan". "Ok, saya tunggu 1x24 jam"
Tunggu.. tunggu. Teng, NOTHING. NOTHING. AND NOTHING. Penyiksaan batin berikutnya. siapkan hati, sing sabar, sing sabar... Ya Allah, Astaghfirullah.. baru kemaren minta tolong untuk konfirmasi, tapi apa hasilnya? Telepon CS kembali. Seperti biasa, lama banget nunggunya. Jadi mba, gimana? Nothing. reportnya masih sama, problem Go GO sudah dilaporkan, sudah dalam progress, kira-kira tunggu 1 sampai 2 hari. Nunggu lagi? MENGECEWAKAN!
Dengan gaya yang lebih kalem daripada hari sebelumnya ami ngoceh: "kemarin 3 hari, ga ada konfirmasi. akhirnya setelah 5 hari saya telepon, disuruh tunggu 1 hari. skarang ini saya lagi yang nelepon, disuruh lagi nunggu. Mba tau ga? udah brapa lama ESIA saya tidak bisa digunakan? 10 hari! Saya telah mengalami kerugian yang sangat besar.. Saya sudah menggunakan beberapa operator dan baru kali ini saya bener-bener kecewa. Saya mau tau mba, masalahnya dimana? benernya yang nanganin ini bagian apa?". (ya, intinya itu lah yang ami omongin, soalnya ocehan ami jaaauuuhhh lebih panjang dan lebbbaarrrrrrr..)"IT Bu". "Ok, apa yang sudah dilakukan?". "Kami sudah konfirmasi ke bagian IT Bu. Sebelum 3 hari kami sudah meminta IT untuk mempercepat prosesnya." "Ok lah, Lalu, apa yang dilakukan Customer Service untuk membantu hal ini? Setidaknya konfirmasi? Siapa sebenarnya Manager Customer Service Anda? Apa Anda ga ngerti artinya Customer Satisfaction? Saya sudah berusaha proaktif, tapi mana tanggapan dari ESIA? Mana sikap proaktif ESIA? Apalagi nelepon CS nya ESIA itu susah banget. Lama, ngantri.. coba Anda bayangkan berapa lama saya hilang waktu.." dll dsb dst. Ya sud lah..
"Jadi, brapa lama ini bisa selesai?"
"Kami tidak bisa memastikan juga Bu.. "
Oh Heaven, please help me.. pengen nangis d rasanya... helpless.. kayanya mba nya ketakutan gara-gara diocehin panjang lebar. Padahal ami ngomongnya kali ni bae-bae ko.. suer.. kalem..:P
"Pulsa saya tinggal brapa? Kantornya dimana? disana ada CS kan ya?"...
dia bilang "xxxxxxx" (sensored)
"Ok, besok saya kesana d mba".
"Ibu, untuk hal ini kami menyarankan ibu untuk menunggu konfirmasi saja.."
"Oh ga ko mba... saya mau kesana bukan untuk beresin masalah, saya mau minta pulsa saya tolong dikembalikan. saya ga mau pake esia lagi"
.............(nothing in response) "itu urusan manajemen Bu.."
"Ya, ok, nanti saya sekalian bicara dengan manajemennya"
............(nothing in response)
"ok, kalo sampe besok belum selesai juga, saya kesana. Makasi ya mba..".
tunggu sehari lagi. so, kalo diitung-itung udah brapa lama ya ami nunggu..??
besoknya, still.. again.. nothing in progress. bener-bener d, one word: PARAH. Siang-siang akhirnya dengan berat hati melangkahkan kaki ke wisma bakrie di kuningan. Sampai jam 14.41 (ini yang ada di tiket). No urut 259, 60 antrian. Ha?? I'm dead. Dengan bosennya nunggu dengan sabar. Jam 17... akhirnya (2,5 jam Bo!). Sopan, senyum, cuma bilang, no-nya ga bisa dipake. pernah di gogo. masalahnya apa ya.. trus bilang, dah pernah lapor via *999. Proses oleh mba nya, telp IT (sempat ada rayuan dikit dan nyebut-nyebut.. "tolong ya.. orangnya dah 10 hari ni masalahnya"),then.. tunggu 10 menit ya mba. Ok.
.. 10 menit kemudian, it's solved. Great! Nice work for mba nya, tapi bad work for *999!!! Yup, inilah bukti keparahan Esia.
Dan, tidak ada ganti rugi selain sebuah senyum manis dan permintaan maaf. Padahal, udah nunggu 10 hari untuk sebuah masalah yang bisa diselesaikan 10 menit. udah nunggu 2,5 jam lebih untuk masalah yang bisa diselesaikan 10 menit. udah cape-cape dateng ke wisma bakrie untuk masalah yang bisa selesai by phone. Dan diriku hilang semua waktu, cape hati, lelah mental dan fisik (emangnya ga cape apa nunggu 2,5 jam? plus 10 hari?) dan paling hebatnya, masa aktif kartu prabayar esia kuw yang hilang 10 hari sama sekali tidak berubah. At least give me back my 10 day on active period dooong.. Oh, GREAT. really GREAT and TERRIFIC..
Setelah mengeluh karena masalah 10 hari ternyata bisa diselesaikan 10 menit, mba nya cuma bilang: "Nanti kalo kaya gini, mba langsung dateng kesini aja, jangan via phone". Enak banget ya ngomongnya? Emangnya mereka mau ganti ongkos and waktu bolak-balik kesana? blom lagi ngantrinya. Forget it lah...
So, what the point of *999? useless.. what the point of high tech dan sgala status laporan keluhan yang masuk by phone? useless.. what the point adanya IT di esia? useless... sama sekali ga ada koordinasi. Plis lah, masa c mereka sama sekali ga bisa bikin priority report mana masalah yang solved dan unsolved. mana masalah yang dah nunggu lama dan mana masalah yang baru.. useless banget d..
Ok, even skarang Ami masih pake Esia (berhubung males ganti no), tapi setelah kjadian kemaren, cuma satu yang bisa disimpulkan, temen yang bilang, dan kayanya ini lebih cocok jadi mottonya Esia:
(B)UNTUNG PAKE ESIA
----- was written on 31 October - 01 November 2007
Thursday, November 15, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment